Friday 17 April 2015

Contoh Teks Deskripsi

BUNGA KERTAS


     Bunga kertas atau bougenvillea dari Amerika Selatan merupakan pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludung bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Tanaman ini sering ditanam di taman dan kawasan perumahan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokan beberapa daunnya.
     Bougenvillea disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludung bunganya yang tipis dan mempunyai ciri-ciri seperti kertas. Ciri-ciri lain dari bougenvillea adalah bisa tumbuh hingga 10 meter, batangnya sedikit keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang-cabang, mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar, dan berbentuk bujur tirus yang mampu membentuk rimbunan. Selain itu bunga bougenvillea mempunyai warna yang menarik  hati seperti jingga, merah menyala,  merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, dan putih.


ORANG UTAN




     Orang utan adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat yang hidup di hutan tropika Indonesai dan Malaysia, khususnya di pulau Kalimantan dan Sumatera.
     Ada dua jenis spesies orang utan yaitu orang utan Kalimantan dan orang utan Sumatera. Dengan ciri-ciri memiliki tubuh yang gemuk dan besar, berleher besar, lengan yang panjang dan kuat, kaki yang pendek dan tertunduk, dan tidak mempunyai ekor. Orang utan memiliki tinggi sekitar 1,25-1,5 meter dan mempunyai kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi. Berat orang utan jantan 50-90 kg, sedangkan orang utan betina beratnya 30-50 kg. telapak tangan mempunyai empat jar-jari panjang ditambah satu ibu jari. Telapak kaki mereka juga mempunyai susunan jari-jemari yang sangat mirip dengan manusia, ia juga memiliki otak yang besar dan tangan yang dapat melakukan gengggaman.

No comments:

Post a Comment