Monday 22 June 2015

Struktur Teks Sulaiman Pergi Ke Tanjung Cina

A. Struktur Teks

Aku hanya mengambil inti dari 
#abstraksi paragaraf 1-5* (kemilau emas memancar-Sulaiman, sulaiman)
#orientasi paragraf 6-13* (setiap puncak krakatau-dari liwa hingga kotabumi)
#komplikasi paragraf 14-23* (akulah lelaki yang menentang angin-tolong bukakan gerbang)
#evaluasi paragraf 24-33* (sulaiman, dan berpuluh lelaki-lalu zhu melihat kepergian dua orang lelaki itu)
#resolusi paragraf 34-44* (siapa nyana, bahwa delapan belas helai-ia seperti ayahnya, dengan naluri)
#koda paragraf 45-55* (adakah yang gentar menolak takdir-begitu indah dan selalu)
*uratan paragraf aku tidak yakin ngitungnya benar jadi lihat teks dalam kurung ya.

aku rasa kalau aku ketik semua teks tidak mungkin, jadi aku tulis intinya. aku menganggap kamu dan lainnya di tugas ini sudah tahu paragraf mana aja yang masuk ini yang masuk itu. tetapi tetap saja aku akui aku salah karena tidak aku ketik lengkap. maaf


1. Abstraksi (ringkasan atau inti cerita)
    Pada tahapan ini, diceritakan bahwa Zhu mempunyai suami bernama Sulaiman, 
    namun Sulaiman meninggal dan Zhu tidak tahu dimana Sulaiman di makamkan, 
    dia merasa  sedih dan rindu.

2. Orientasi (Adanya pengenalan latar, tokoh, dan waktu)
    Pada tahapan ini, Pengenalan latar cerita yaitu Bandar Lampung, kemudian adanya
    pengenalan tokoh utama yaitu Zhu. Diceritakan bahwa Zhu merantau dari Kalimantan 
    Timur ke Bandar Lampung dengan membawa pesona kecerdasan dan keuletan serta 
    kegigihannya untuk menjadi pemburu walet yang ulung.

3. Komplikasi (Adanya konflik atau masalah pada cerpen)
    Pada tahapan ini, konflik atau masalahnya adalah konflik antara petani dengan negara. 
    Negara ingin menguasai hutan kopi dengan memfitnah petani pribumi dengan 
    membunuh gajah. Padahal rakyat pribumi menyayangi gajah. Dengan memfitnah 
    petani, negara dengan mudah mengusir para petani dan menguasai hutan kopi. 

4. Evaluasi (menentukan pilihan/tokoh pada cerpen menyadari keadaan/"introspeksi diri")
    Pada tahapan ini,  tokoh Sulaiman menyadari bahwa dia sebagai rakyat biasa tidak 
    akan bisa melawan negara sehingga dia menyelamatkan diri dengan pergi ke Pulau
    Jawa bersama ibunya, Nyiwar dengan menjual delapan belas kain tapis yang disulam 
    Nyiwar.

5. Resolusi (Adanya solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh dalam cerpen)
    Pada tahapan ini, masalah yang dihadapi Zhu karena merasa kain tapis buatan Nyiwar
    membuat batinnya tercabik dan perih. Akhirnya, ia menyuruh orang-orang untuk 
    mencari Sulaiman dan nyiwar dan meminta mereka tinggal dirumahnya.

6. Koda (Akhir cerita)
    Pada tahapan ini, merupakan akhir cerita dari cerpen, yaitu Zhu jatuh cinta pada 
    Sulaiman dan menikah dengannya. Setelah Sulaiman menjadi suami Zhu. Zhu 
    dituduh pengkhianatan (karena menikah dengan Sulaiman) dan penadah (karena 
    menerima kopi dari hutan negara). Akhirnya gudang milik Zhu dibakar dan sulaiman 
    di tangkap.

B. Deskripsi tokoh
    1. Sulaiman =>  berani, pantang menyerah, rela berkorban, gigih.
    2. Zhu Ni Xia =>  gigih, ulet, cerdas, ramah, sopan, baik, penolong.
    3. Zhu Mau Jung =>  berani, pantang menyerah, rendah hati.
    4. Made Sukari =>  baik, berani
    5. Nyiwar =>  baik, sabar, lemah lembut.
    6. Sutinah =>  baik.

C. Latar Cerita
    Cerpen "Sulaiman Pergi Ke Tanjung Cina" menggunakan latar yang diceritakan secara 
    detail.
    1. Latar alat : kain tapis, kapal parang, 
    2. Latar suasana : tegang, haru, sedih.
    3. Latar tempat : Bandar lampung, Kualakambas, ladang, hutan, balai kampung, 
                              pelabuhan, danau Menjukut, Bukit Barisan Selatan, Teluk Tanjung 
                              Cina,  Teluk Lampung, Teluk Semangka, Kota Agung, Kalianda, 
                              rumah-rumah gelap, gedung-gedung tinggi.
    4. Latar Waktu : pagi, malam.

D. Alur dalam Cerita
    1. Plausibilitas (kemasukakalan)
        a. Logis : - Percintaan antara Zhu dengan Sulaiman karena mereka saling bertemu.
                        - Orang Cina (Zhu) disuruh merantau.
                        - Zhu khawatir gudangnya akan dibakar karena dituduh penadah.
       b. Tidak logis : - Waktu subuh, maghrib padahal tokohnya beragama konghucu, 
                                 hindu.
                               - Ayah Zhu membantu petani padahal orang Cina biasanya tidak 
                                 peduli dengan petani.
                               - Zhu (orang Cina) menikah dengan Sulaiman (pribumi) padahal 
                                 orang Cina jika menikah dengan pribumi akan dikeluarkan dari 
                                 silsilah keluarga.
    2. Suspense (rasa ingin tahu)
        Kenapa Zhu meminta orang untuk mencari Sulaiman?
    3. Surprise (kejutan/jawaban dari suspense)
        Karena Zhu cinta pada Sulaiman akhirnya ia menikah.
    4. Unity (kepaduan)
        a. Judulnya "Sulaiman Pergi Ke Tanjung Cina" tapi tokoh utamanya Zhu.
        b. Judul dan jalan cerita tidak nyambung.

28 comments:

  1. Terima kasih postingan yg sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Dengan ini saya dpt mengerjakan PR saya :D

    ReplyDelete
  3. Unitynya Brader.... Atau Guru Gw Lagi Ngetes Gw Ya?... Masa Disuruh Nyari Unitynya Doang...

    ReplyDelete
  4. Uaahh >,< Gommawoyo(Terimakasih) udah ngeshare ini makasih banyak :3

    ReplyDelete
  5. awesome! thanks info dan penjelasannya sobat..

    ReplyDelete
  6. Sedikit informasi buat semua pengunjung blog aku khususnya yang bersangkutan dengan bahasa indonesia.
    Bahasa indonesia gak seperti matematika ya yang udah Pasti jawabannya, adakalanya (Walaupun gak selalu) guru bahasa indonesia kalian memiliki jawaban yang berbeda dengan guru bahasa indonesia aku.
    Aku menyampaikan ini karena aku pernah mengalaminya :)

    ReplyDelete
  7. kata guru basindo ku, itu strukturnya kesingkatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku hanya mengambil inti dari
      #abstraksi paragaraf 1-5* (kemilau emas memancar-Sulaiman, sulaiman)
      #orientasi paragraf 6-13* (setiap puncak krakatau-dari liwa hingga kotabumi)
      #komplikasi paragraf 14-23* (akulah lelaki yang menentang angin-tolong bukakan gerbang)
      #evaluasi paragraf 24-33* (sulaiman, dan berpuluh lelaki-lalu zhu melihat kepergian dua orang lelaki itu)
      #resolusi paragraf 34-44* (siapa nyana, bahwa delapan belas helai-ia seperti ayahnya, dengan naluri)
      #koda paragraf 45-55* (adakah yang gentar menolak takdir-begitu indah dan selalu)
      *uratan paragraf aku tidak yakin ngitungnya benar jadi lihat teks dalam kurung ya.

      aku rasa kalau aku ketik semua teks tidak mungkin, jadi aku tulis intinya. aku menganggap kamu dan lainnya di tugas ini sudah tahu paragraf mana aja yang masuk ini yang masuk itu. tetapi tetap saja aku akui aku salah karena tidak aku ketik lengkap. maaf

      Semoga sedikit penjelasan diatas bisa membantu kedepannya.
      terima kasih kunjangannya :)

      Delete
  8. Sangat membantu. Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Sangat membantu. Terimakasih

    ReplyDelete
  10. thank ya sob,,,sangat membantu sob...salam arman jr

    ReplyDelete
  11. Terima kasih .. benar-benar membantu

    ReplyDelete
  12. terima kasih.. sangat membantu.. smg bermanfaat #emanguadah

    ReplyDelete
  13. Thx, Membantu banget Postingannya 👍

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete