Tuesday 26 July 2016

Hewan-Hewan Peramal Cuaca

Ssstt, Ternyata banyak juga hewan yang peka terhadap peubahan cuaca. Bahkan kehadirannya, bisa jadi pertanda datangnya musim tertentu.

Siapa saja mereka?


www.hgwyes.com


Beruang
Beruang yang hidup di tempat yang mengalami musim dingin akan tidur panjang saat musim dingin. Kalau dia terbangun  dari tidur panjangnya, Ini pertanda kalau musim dingin akan segera berakhir.


www.suara.com
                                                                                                     
Lebah
Kalau musim dingin akan tiba, lebah akan membangun sarang mereka lebih tinggi daripada biasanya. Lebah yang beterbangan jauh dari sarangnya juga memberi tanda kalau cuaca akan baik.

naturallycuriouswithmaryholland.wordpress.com


Ulat Beruang Wolly 
Kalau ulat beruang wolly atau wooly bear caterpillar sudah berwarna cokelat, ini pertanda musim dingin yang hebat akan segera tiba.


www.wikiwand.com


Marmot Tanah
Di Amerika ada hari marmot tanah atau "Groundhog Day" setiap 2 Februari. Kalau marmot tanah muncul  pada saat itu, ini berarti musim dingin akan berakhir paling lama 6 minggu lagi. Namun, kalau ia tidak muncul musim akan berlangsung lama.







                                         www.indonesiapanen.com
                                    
Belalang
Di Jepang, letak telur belalang sering jadi patokan musim dingin. Biasanya pedagang minyak tanah peka akan hal ini. Apa hubungannya, ya? Begini, kalau letak telur belalang lebih dalam dari biasanya, itu tandanya musim dingin hebat akan tiba. Ini keuntungan para pedagang minyak. Karena, akan banyak orang yang akan membeli minyak tanah untuk menyalakan menghangatkan mesin penghangat ruangan. Tetapi, kalau letak telur belalang di dalam tanah tidak begitu dalam, itu tandanya musm dingin tidak akan terlalu hebat. Sehingga, jualan minyak tanah tidak akan terlalu                                                                                                                menguntungkan.                                                                                                               
blog.zeit.de


Burung Liar dan Angsa Liar
Menjelang musim dingin, burung-burung yang biasa berkeliaran di negara 4 musim biasanya akan menghilang. Kemana mereka? Untuk sementara burung-burung itu akan bermigrasi ke tempat yang suhunya hangat. Saat musim dingin akan berakhir,  Burung-burung ini akan kembali berdatangan.




arjunatel7.blogspot.com



Katak
Suara katak terdengar makin kencang? itu tandanya musim hujan tiba. Suara keras itu disebabkan karena mereka harus bernapas. Meskipun bernapas dengan paru-paru, kataktidak dapat mengembungkan paru-parunya. Ia menghirup udara dengan mengembangkempiskan lehernya . Nah, saat udara lembab, katak sulit bernapas. Supaya udara tetap bisa dihirupnya, mereka harus mengeluarkan bunyi dengan keras melalui leher.

ceritahs.wordpress.com




Laba-laba
Saat cuaca buruk laba-laba sering kali menghilang. Mereka akan diam di tempat yang aman dan bersembunyi. Namun, saat cuaca baik laba-laba akan mulai membuat sarang lagi.






www.bibliotika.com


Nyamuk
Kalau banyak nyamuk yang menggangu dan menggigit kita di pagi hari, itu pertanda aka turun hujan. lalu, apabila saat matahari terbenam dan banyak nyamuk beterbangan, itu pertanda cuaca baik.






pustakafakta.blogspot.co.id




Siput
Konon, pada saat cuaca buruk akan tiba, siput merayap lebih cepat.

www.biologipedia.com













Kelelawar
Kelelawar tidak akan keluar dari sarangnya, saat cuaca buruk. Namun, kalau mereka beterbangan saat senja itu pertanda cuaca baik.

www.flickr.com











Lalat
Pada saat akan turun hujan, lalat-lalat akan hinggap di dinding. Namun, pada saat cuaca baik lalat-lalat akan beterbangan kemana-mana.




yoo.rs




Semut
Sama seperti laba-laba, semut tidak akan keluar dari sarangnya dalam tanah, saat cuaca buruk. Sebaliknya kalau cuaca baik mereka akan keluar dan berbaris kesana kemari untuk mencari makan.

alamendah.org





Kelempiau atau 
Otawa Kalimantan
Ia seringkali berikan tanda kalau akan ada badai. Nelayan di Thailand sering membawanya saat melaut. Tanda yang mereka berikan biasanya berupa teriakannya atau gelisah tak bisa diam.









Ssst, menurut para ilmuwan , sebenarnya hewan-hewan itu tidak jago meramal cuaca. Mereka cuma sangat peka terhadap perubahan cuaca. Sehingga mereka segera menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya. Jadi, tingkah laku para hewan tersebut hanya berlaku untuk jangka pendek.


Sumber : Majalah Bobo, 19 Maret 2009, hal 16-17.

No comments:

Post a Comment